Meksiko Sedang Menuju Pasar Ganja Legal Terbesar di Dunia

36 2 - Meksiko Sedang Menuju Pasar Ganja Legal Terbesar di Dunia

Meksiko Sedang Menuju Pasar Ganja Legal Terbesar di Dunia

Meksiko Sedang Menuju Pasar Ganja Legal Terbesar di Dunia – Ganja atau mariyuana adalah psikotropika mengandung tetrahidrokanabinol dan kanabidiol yang membuat pemakainya mengalami euforia. Ganja biasanya dibuat menjadi rokok untuk dihisap supaya efek dari zatnya bereaksi. Tanaman semusim ini tingginya dapat mencapai 2 meter.

Setelah beberapa dekade Meksiko dilanda perang berdarah antar kartel narkoba karena kebijakan obat-obatan terlarang, kini negara di sebelah selatan Amerika Serikat itu akan menjadi pasar ganja legal terbesar di dunia.Undang-undang untuk hal tersebut menunggu segera menunggu persetujuan. Rencana legalisasi ganja di Meksiko sudah berlangsung lama, tapi pada Selasa, 12 Januari 2021, kesempatan itu semakin jelas.

Pada hari Selasa, Kementrian Kesehatan Meksiko menerbitkan aturan untuk mengatur penggunaan ganja medis. Keputusan itu, semakin mendekatkan rencana dekriminalisasi ganja. Peraturan baru itu, yang ditanda tangani oleh Presiden Andres Manuel Lopez Obrador atau dikenal dengan akronim AMLO, memberikan kesempatan kepada perusahaan farmasi mulai melakukan Login Aplikasi IDN Poker penilitian medis produk ganja.

1. Ikhtisar Reformasi ganja Meksiko

1610580220821 2d588b538864a3b2a1a0b557d321694d 0097a17e1b2ad22d6d8813b814c8c1cb - Meksiko Sedang Menuju Pasar Ganja Legal Terbesar di Dunia

Ganja di negara Meksiko pada dasarnya adalah ilegal. Namun, keputusan Mahkamah Agung (MA) negeri tersebut yang dilakukan pada 31 Oktober 2018 telah mengubah persepsi. MA mengeluarkan putusan yang menyatakan bahwa undang-undang larangan penggunaan ganja tidak konstitusional. Karenanya, setelah itu desakan untuk legalisai ganja di Meksiko semakin meluas.

Gerakan reformasi ganja untuk melakukan dekriminalisasi kemudian berlanjut di parlemen. Pada tahun 2019, parlemen akhirnya menyetujui penggunaan ganja namun masih sebatas dalam ruang lingkup medis.

Persetujuan dari parlemen itu juga membuat orang dewasa dapat memiliki ganja hingga 28 gram, menanam empat tanaman ganja, dan dapat membeli ganja dari agen bisnis resmi.

Melansir dari laman Al Jazeera, aturan baru yang kini diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan Meksiko dan sudah ditanda tangani oleh presiden AMLO membuat perusahaan farmasi mulai dapat melakukan riset. Namun, langkah itu harus melewati persetujuan dari regulator Meksiko, COFEPRIS dan penelitian harus dilakukan di laboratoriun dengan kontrol ketat serta independen (12/1).

2. Ganja rekreasi diambang batas persetujuan

1610580458012 2d588b538864a3b2a1a0b557d321694d 62ca38dbfbcc2218028dc0b43b1d3eff - Meksiko Sedang Menuju Pasar Ganja Legal Terbesar di Dunia

Jika reformasi ganja di lakukan secara bertahap dan bertahun-tahun, kini ganja rekreasi juga semakin menuju titik legal. Anggota parlemen Meksiko sudah berada dalam tahap akhir untuk menyetujui rancangan undang-undang legalisasi ganja rekreasi. Kemungkinan rancangan undang-undang tersebut akan di sahkan oleh periode Kongres berikutnya.

Melansir dari kantor berita Reuters, undang-undang legalisasi ganja yang siap di setujui oleh Kongres adalah tanda perubahan besar di negara yang selama bertahun-tahun di landa kekerasan antara kartel obat terlarang yang terus berseteru.

Undang-undang tersebut yang akan melegalkan ganja untuk rekreasi bakal membuka celah baru dalam bisnis ganja yang akan mencakup pasar besar Meksiko. Dengan populasi sekitar 128 juta penduduk, maka besar kemungkinan Meksiko akan menjadi salah satu pasar ganja legal terbesar di dunia.

3. Siapa yang di untungkan?

1610580602090 2d588b538864a3b2a1a0b557d321694d 73e1ecd3f29e819dd54652660e78f70c - Meksiko Sedang Menuju Pasar Ganja Legal Terbesar di Dunia

Pasar ganja global saat ini sedang bergerak menanjak. Banyak negara bagian di Amerika Serikat telah menyetujui referendum ganja medis dan ganja rekreasional. Perusahaan-perusahaan produsen ganja dari Amerika Serikat dan Kanada telah berlomba untuk memperluas pasar mereka.

Legalisasi ganja di Meksiko sebenarnya di jadwalkan pada awal Desember 2020. Namun, masih ada masalah terkait kerangka aturan sehingga mundur dan di perpanjang hingga bulan April 2021. Pembahasan masalah seperti kerangka hukum akan mulai di lakukan pada bulan Februari 2021.

Melansir dari laman Los Angeles Times, para pengusaha asing memiliki banyak peran dalam membentun undang-undang legalisasi ganja di Meksiko. Alejandro Madrazo, peneliti di Pusat Peneliti dan Pengajaran Ekonomi Meksiko mengatakan bahwa pelobi dari AS dan Kanada memainkan peran penting dalam pembentukan undang-undang.

Menurut dia, undang-undang yang nantinya bakal di sahkan hanya akan menciptakan “pasar santapan elit” yang menguntungkan perusahaan besar dan pengguna kelas atas. Pemimpin Senat, Ricardo Monreal mengatakan “ada banyak campur tangan perusahaan transnasional yang ingin mempengaruhi keputusan kami” katanya. Tapi menurutnya, Senatlah yang akan menentukan keputusan akhir.

4. Menghitung Meksiko dalam pasar ganja global

1610580782257 2d588b538864a3b2a1a0b557d321694d 3261a764313550ed3f19cf33edece2e2 - Meksiko Sedang Menuju Pasar Ganja Legal Terbesar di Dunia

Secara nasional, AS belum meneken aturan legalisasi ganja. Negara di Amerika Utara yang sudah melegalkan ganja adalah Kanada. Kini perusahaan-perusahaan besar Kanada mulai melirik ke selatan, baik ke AS atau pun ke Meksiko. Di banyak negara bagian AS, ganja mulai di legalkan untuk medis dan rekreasi.

Jika Meksiko mengambil kebijakan legalisasi ganja secara nasional lebih dahulu dari pada AS, maka akan menjadi salah satu terobosan bisnis. Memang secara kualitas, ganja meksiko masih kalah di bandingkan dengan ganja AS yang di tanam oleh perusahaan-perusahaan bersertifikasi. Tapi, yang perlu di perhitungkan yakni Meksiko adalah negara yang sering jadi rujukan bagi negara-negara Amerika Latin.

Saat ini, negara Amerika Latin yang sudah melegalkan ganja adalah Uruguay. Namun negara-negara lain masih menahan diri. Jika Meksiko benar-benar akan melegalkan ganja pada April 2021, hal ini akan mempercepat upaya legalisasi ganja di seluruh Amerika Latin dan kemungkinan besar juga ke seluruh dunia.

Ganja di pasar global telah benar-benar melampaui kebijakan AS. Hingga kini AS belum memainkan peran penting dalam pasar tersebut. Jordan Lewis dari Fotmer Life Sciences menjelaskan bahwa legalisasi ganja di Meksiko akan memaksa anggota parlemen AS mempertimbangkan legalisasi ganja nasional di negaranya.

“Sulit untuk mempertahankan kebijakan pelarangan ganja ketika negara tetangga di utara (Kanada) dan selatan (Meksiko) akan segera melegalisasi ganja. Jadi saya pikir ini akan menciptakan kenyataan nyata yang harus di hadapi AS,” jelas Lewis.

Meksiko telah mendapatkan dorongan kuat untuk melegalkan ganja setelah MA mengatakan undang-undang pelarangan penggunaan ganja inkonstitusional.

Selain itu, para aktivis pro legalisasi ganja juga mendorong agar polisi tidak sibuk mengurusi kepemilikan mariyuana tetapi lebih fokus ke perkara-perkara berat seperti menghadapi kartel narkoba besar yang hingga kini masih kerap menimbulkan masalah