Mengulas Tentang Mitos Dark Web & Apa Saja yang Ada di Dalamnya

32 - Mengulas Tentang Mitos Dark Web & Apa Saja yang Ada di Dalamnya

Mengulas Tentang Mitos Dark Web & Apa Saja yang Ada di Dalamnya

Mengulas Tentang Mitos Dark Web & Apa Saja yang Ada di Dalamnya – Web gelap (dark web) adalah konten World Wide Web yang ada di darknet, jaringan overlay yang menggunakan Internet tetapi memerlukan perangkat lunak tertentu, konfigurasi atau otorisasi untuk mengaksesnya. Dark web hanya sebagian kecil dari deep web, bagian dari web yang tidak diindeks oleh mesin pencari web, meskipun kadang-kadang istilah deep web disalahartikan sebagai dark web.

Pernahkah kamu mendengar istilah dark web? Namanya saja sudah terkesan seram kan? Dark web atau darknet adalah sebuah bagian internet yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Untuk mengaksesnya, kamu memerlukan software tertentu yang bisa membuatmu anonim dan tidak dapat dilacak.

Banyak orang yang mengira bahwa dark web dan deep web adalah hal yang sama. Namun kenyataannya ada beberapa poin yang membedakan mereka. Perlu kamu ketahui bahwa dark web terletak lebih dalam dari deep webDark web berada di sebagian situs deep web dan biasanya berkaitan dengan aktivitas poker deposit pulsa tanpa potongan kriminal dan pasar ilegal.

1. Bukan hanya orang jahat yang menggunakan dark web

shutterstock 294132083 3b6d804bf5df9648570565badedfe68f - Mengulas Tentang Mitos Dark Web & Apa Saja yang Ada di Dalamnya

Orang tidak hanya menggunakan dark web untuk mencari barang-barang jahat dan konten yang mengganggu. Terdapat kriminal yang berkeliaran di sana, tetapi ada pula orang-orang dari pemerintahan, jurnalis, advokat, hingga pegawai perusahaan internet seperti Facebook, DuckDuckGo, dan ProPublica.

Namun perlu diketahui bahwa dark web memang banyak disalahgunakan. Studi menunjukkan bahwa 80 persen penggunaannya terkait dengan pedofilia. Ada pula orang yang menggunakannya untuk berjualan barang ilegal, konten pembunuhan, dan lain-lain.

2. Tidak semua kejahatan siber terjadi dari dark web

cyber crime a3662c9436b88a33c6e0373b554ab5e6 - Mengulas Tentang Mitos Dark Web & Apa Saja yang Ada di Dalamnya

Nyatanya hampir semua kejahatan siber terjadi di web yang biasa kita pakai atau clearnet. Memang dark web banyak digunakan penjahat siber untuk mengumpulkan dan bertukar informasi. Sebab di sana terdapat forum underground hackingmarketplace ilegal, dan layanan lainnya. Namun bukan berarti semua kejahatan internet terjadi di dark web.

3. Dark web dapat diakses oleh siapa saja

what is tor browser 5c380cc1dd90b7b2c205f58ca2afe264 - Mengulas Tentang Mitos Dark Web & Apa Saja yang Ada di Dalamnya

Banyak yang menganggap bahwa dark web itu tersembunyi, rahasia, dan jauh dari keramaian internet. Namun sebenarnya siapa saja bisa mengakses dark web menggunakan Tor Browser yang gratis. Browser tersebut dimodifikasi oleh Firefox sehingga mendapatkan extension untuk privasi dan keamanan.

4. Mengakses dark web tidak selalu ilegal

istock 891441938 735703b48c955d647f81f5fb30d5949c - Mengulas Tentang Mitos Dark Web & Apa Saja yang Ada di Dalamnya

Dark web sendiri bukanlah hal yang ilegal. Akan tetapi mereka menggunakan enkripsi (sandi) yang kuat untuk menjaga agar situs, layanan, dan penggunanya tetap aman. Di beberapa negara, penggunaan enkripsi yang terlalu kuat itu di larang. Contohnya adalah di China. Mereka melarang penggunaan Tor Browser dan VPN.

Lain halnya dengan di Amerika Serikat. Mengakses dark web sama legalnya dengan mengakses clearnet. Namun apa yang di lakukan di dalamnya bisa jadi ilegal. Misalnya membeli obat terlarang.

5. Privasimu belum tentu aman di dark web

30oped1 jumbo 6e563b0ab04970ad3e5196d61db8a6c3 - Mengulas Tentang Mitos Dark Web & Apa Saja yang Ada di Dalamnya

Dark web memang menggunakan enkripsi dan extension yang bisa meningkatkan privasi dan keamanan pengaksesnya. Namun bukan berarti kamu akan terproteksi sepenuhnya. Ingat bahwa di sana banyak hacker yang berkeliaran. Mereka dapat dengan mudah mengetahui siapa saja yang mengunjungi situs-situs tertentu.

Selain itu perlu di ketahui bahwa kamu masih bisa mengakses clearnet melalui Tor Browser. Enkripsi tidak akan terbaca saat kamu berada di web biasa. Oleh karena itu, jejakmu masih akan terdeteksi.

6. Ia adalah bagian dari internet yang sangat kecil

001 dark web iceberg 2 7973dac4d2a6c66415a83058a79de6c0 - Mengulas Tentang Mitos Dark Web & Apa Saja yang Ada di Dalamnya

Pernyataan tersebut salah. Dark web adalah bagian kecil dari internet. Hanya ada sekitar 7 ribu hingga 30 ribu situs yang ada di sana.

Ini sangat kecil jika di bandingkan dengan jumlah situs di web biasa yang mencapai lebih dari satu miliar. Bagian besar dari internet adalah deep web. Sebab ia terdiri dari web yang tidak dapat di akses secara publik.

7. Sebenarnya apa kegunaan dari dark web?

dark encryption1 975b659e72c41298873bfca905a13f31 - Mengulas Tentang Mitos Dark Web & Apa Saja yang Ada di Dalamnya

Seperti yang di jelaskan sebelumnya, tidak semua situs yang ada di dalam dark web itu buruk atau jahat. Di sana intel bisa melacak penjahat-penjahat internet, masyarakat China bisa mendiskusikan apa pun tanpa “proteksi” dari The Great Firewall, dan lain-lain.

Memang tidak salah jika orang mengatakan bahwa pada umumnya  dark web di gunakan untuk keperluan kriminal. Akan tetapi realitasnya terlalu di lebihkan.

Dilansir dari Wired, sebenarnya dark web muncul sebagai janji dari World Wide Web. Mereka ingin memastikan bahwa setiap orang bisa melakukan apa pun, berdiskusi tentang apa saja, tanpa takut terkena sensor. Karena semakin banyak negara yang melakukan sensor internet, dark web semakin berkembang dan di minati warganya.