Pelantikan Menkeu Perempuan Pertama di Negara Kanada

45 - Pelantikan Menkeu Perempuan Pertama di Negara Kanada

Pelantikan Menkeu Perempuan Pertama di Negara Kanada

Pelantikan Menkeu Perempuan Pertama di Negara Kanada – Chrystia Freeland resmi dilantik menjadi Menteri Keuangan Kanada kemarin di Ottawa. Ia menjadi perempuan pertama yang menduduki posisi tersebut, menggantikan Bill Morneau yang mengundurkan diri. Sebelum diangkat menjadi Menteri Keuangan, Freeland menduduki posisi sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Urusan Antar Pemerintah.

Dominic LeBlanc kemudian menggantikan posisi Freeland sebagai Menteri Urusan Antar Pemerintah dan Freeland akan tetap menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri kedepannya. Mantan jurnalis ini memulai karirnya di ranah politik pada tahun 2013 sebagai anggota parlemen. Ketika menjabat sebagai menteri, ia berhasil melakukan negosiasi ulang dengan AS dan Mexico terkait perjanjian NAFTA.

Dikutip dari stasiun berita BBC, Freeland juga memegang peranan penting dalam menangani perselisihan antar pemerintah Provinsi Alberta dengan Provinsi Saskatchewan. Atas pencapaiannya, Freeland IDN Poker Deposit Pulsa Tanpa Potongan dianggap sebagai salah satu menteri terbaik di pemerintahan Trudeau.

1. Morneau mundur sebagai menteri keuangan

efvxvuhxoaex01h b54c51e7475f84e6180448195d5ec149 - Pelantikan Menkeu Perempuan Pertama di Negara Kanada

Pada Senin lalu, Bill Morneau memberitahu media bahwa ia resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Keuangan Kanada. Keputusannya ini di ambil mengingat ia tidak memiliki rencana untuk menjabat di parlemen lebih dari 2 periode pemerintahan. Morneau mengatakan bahwa ia akan maju sebagai sekretaris umum di Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) setelah melepas jabatannya.

Keputusan Morneau menuai kontroversi sebab pengunduran diri ini di lakukan di tengah penyelidikan Ethics Commissioner mengenai keterlibatan keluarga Morneau maupun PM Justin Trudeau dengan organisasi amal WE Charity yang di biayai oleh pemerintah. Morneau di laporkan telah memakai uang organisasi amal tersebut dengan ‘tidak sengaja’ untuk berkunjung ke Ekuador dan Kenya bersama keluarganya. VOA turut memberitakan bahwa ibu, saudara laki-laki, maupun istri Trudeau terbukti menerima uang setelah menjadi pembicara di beberapa acara yang di adakan oleh WE Charity.

2. Menuai respons positif dari ekonom dan pebisnis

es8gzztwkaaj5ij 963016672084f28ac558de6b4a398116 - Pelantikan Menkeu Perempuan Pertama di Negara Kanada

Saat ini, Kanada sedang mengalami krisis ekonomi terburuknya sejak perang dunia kedua akibat pandemi. Pemerintah memprediksi bahwa pada tahun ini, Kanada akan mengalami defisit sebesar 16 persen di bandingkan dengan tahun lalu. Setelah resmi menjabat sebagai Menteri Keuangan Kanada, Freeland bertugas untuk membuat kebijakan fiskal yang mendukung pemulihan ekonomi sekaligus mencegah memburuknya defisit setelah pandemi berakhir.

“Saya sangat yakin bahwa dengan bekerja sama, kita dapat melewati dan membangun kembali sebuah negara yang lebih baik daripada yang kita miliki sebelum pandemi menyerang “, ucap Freeland kepada media. Ia juga berencana untuk membangun Kanada yang ramah lingkungan, adil, inklusif, dan fokus pada pertumbuhan lapangan pekerjaan.

Pelantikan Freeland di sambut baik oleh para ekonom dan pebisnis setempat. “Pemilihan Freeland akan meyakinkan pasar finansial mengingat perawakannya dan pengalamannya”, ucap Doug Porter selaku Kepala Ekonomi Bank Montreal. Menurutnya, Freeland tidak di pilih hanya untuk mengisi jabatan yang di tinggalkan oleh Morneau. “Ia jelas di pandang sebagai seseorang yang dapat berdiri tegak pada masalah-masalah utama, pilihan yang di ambil oleh Freeland akan menimbulkan kepercayaan”, jelas Porter seperti yang di laporkan Bloomberg.

3. Trudeau bekukan parlemen hingga 23 September

eqnt5qlxyautq k aad07ca34f182b6124423641ecd99deb - Pelantikan Menkeu Perempuan Pertama di Negara Kanada

Di hari pelantikan Freeland, Trudeau turut mengumumkan pembekuan sementara parlemen yang di pimpinnya hingga 23 September mendatang. Trudeau mengatakan bahwa ia telah memberitahu pembekuan parlemen ke Julie Payette selaku Gubernur Jenderal Kanada.

Keputusan ini di ambil Trudeau untuk mengkaji ulang kebijakan pemerintah dalam rangka pemulihan akibat pandemi. “Kita perlu mengatur ulang pendekatan pemerintah agar pemulihan dapat di bangun kembali dengan lebih baik”, ucap Trudeau kepada pers. Menurutnya, hal ini merupakan kesempatan besar untuk membangun Kanada yang lebih tangguh, lebih sehat, lebih aman, lebih hijau, dan lebih kompetitif.

Jika parlemen benar-benar di bekukan, segala urusan yang belum mendapatkan persetujuan akan di hentikan. Hal ini mencakup pembekuan komite yang mengurus isu keterlibatan Trudeau dan Morneau yang memberikan kontrak sebesar 900 juta USD atau setara dengan Rp13 miliar kepada WE Charity mengingat adanya kedekatan kedua keluarga pejabat dengan organisasi tersebut. Dengan tegas, Trudeau mengatakan bahwa pembekukan parlemen tidak berhubungan dengan skandal yang melibatkan dirinya.

Setelah parlemen kembali berfungsi dengan normal, Trudeau akan memberikan pidato mengenai rencana baru pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Setelah mendengar pidato tersebut, Global News Canada memberitakan bahwa partai oposisi dapat mengajukan pemilihan PM melalui mosi tidak percaya.