Fakta Menarik Menara Eiffel, Awalnya Bukan Ikon Kota Paris

Fakta Menarik Menara Eiffel, Awalnya Bukan Ikon Kota Paris

Fakta Menarik Menara Eiffel

Fakta Menarik Menara Eiffel – Selama ini, Menara Eiffel dikenal sebagai salah satu lanmark yang menjadi ikon Kota Paris, Prancis. Rasanya, kurang afdal jika berkunjung ke Paris kalau tidak berkunjung ke Eiffel.

Baca juga : Mukbang Adalah Trend Makan dari Korea, Berikut Faktanya!

Tak heran, kalau Eiffel jadi salah satu spot favorit wisatawan untuk berfoto ataupun menghabiskan waktu untuk menikmati indahnya Kota Paris. Selain menjadi ikon Kota Paris, tahukah kamu kalau Eiffel memiliki sederet fakta yang menarik untuk diketahui.

Pernah Jadi Bangunan Tertinggi di Dunia

Dinamai sesuai dengan perancanganya, Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Kota Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia. Menara Eiffel memiliki ketinggian 300 meter dan berat mencapai 10.100 ton.

Tidak sampai itu saja, ketika menara tersebut selesai dibangun pada tahun 1889. Effil langsung dinobatkan sebagai bangunan tertingi di sunia. Rekor tersebut bertahan selama kurang lebih 41 tahun. Sampai akhirnya rekor itu pecah pada tahun 1930. Saat Menara Chrysler di New York dengan ketinggian 319 meter selesai dibangun.

Kini, rekor bangunan tertinggi di dunia dipegang oleh Dubai dengan Burj Khalifa dengan ketinggian mencapai 828 meter.

Dipenuhi dengan 20 Ribu Lampu

Selain pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia, Menara Eiffel juga memiliki arsitektur yang terbilang unik dan megah. Menara ini diselimuti oleh 20 ribu bola lampu yang menyala saat malam hari.
Lampu-lampu tersebut akan menyala selama lima menit setiap satu jam sekali. Bahkan, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan cahaya Menara Eiffel yang digelar pada waktu-waktu tertentu.
Meski begitu, ada satu aturan yang kamu harus ingat. Kamu dilarang mengambil bahkan mengunggah foto pertunjukkan cahaya di Menara Eiffel. Sebab, pertunjukan cahaya di Menara Eiffel ini dilindungi oleh hak cipta.

Awalnya Diciptakan Bukan Sebagai Ikon Kota Paris

Saat pertama kali dibangun dan dibuka untuk publik, Menara Eiffel tadinya hanya dibuat sebagai atraksi wisata untuk 20 tahun ke depan saja.
Namun, setelah popularitasnya yang didapat seiring berjalannya waktu. Menara Eiffel pun menjadi landmark permanen yang menghiasi Paris sekaligus ikon kota tersebut.

Saat Pertama Kali Dibuka, Eiffel Dikunjungi Jutaan Wisatawan

Menara Eiffel menjadi salah satu landmark terpopuler dunia, bahkan sejak pertama kali selesai dibangun dan dibuka pada tahun 1889. Lebih dari 2 juta wisatawan mengunjungi menara tersebut.
Bahkan, sejak tahun 1889 kini Menara Eiffel sudah dikunjungi lebih dari 200 juta wisatawan dari berbagai belahan dunia. Hal ini pula yang menjadikan Menara Eiffel sebagai monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia.
Selain kemegahan arsitekturnya, kamu juga bisa menikmati keindahan lanskap Kota Paris dari dalam menara. Wisatawan bisa naik ke puncak Menara Eiffel dengan menaiki lift yang ada di dalam menara tersebut.
Bahkan, saking suasananya yang romantis, Menara Eiffel selalu jadi tujuan favorit wisatawan yang sedang memadu kasih.

Sudah Dicat Ulang Sebanyak 18 Kali

Fakta menarik lainnya dari Menara Eiffel adalah, landmark terkenal Kota Paris tersebut ternyata pernah bergonta-ganti warna. Menara ini sudah dicat ulang selama lebih dari 18 kali sejak pertama kali dibangun.
Menara Eiffel pernah berganti warna menjadi merah kecokelatan, kuning ochre, ataupun cokelat gelap, hingga yang terakhir warna bronze atau cokelat metalik yang kita kenal sampai sekarang.
Bahkan, proses pengecatan tersebut menelan waktu yang tidak sebentar. Lantaran luas bangunan Menara Eiffel yaitu sekitar 250 ribu meter persegi.

Sumber : kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *