Mukbang Adalah Trend Makan dari Korea, Berikut Faktanya!

Mukbang Adalah Trend Makan dari Korea, Berikut Faktanya!

Mukbang Adalah Trend Makan dari Korea

Mukbang Adalah Trend Makan dari KoreaMukbang adalah salah satu trend makan yang unik dari Korea Selatan yang sudah populer sejak tahun 2010. Istilah mukbang atau moekbang sendiri diambil dari kata “moek-da” atau makan dan “bang-song” atau siaran.

Baca juga : Wisata di Italia Kembali Dibuka Ini Fakta Menarik Seputar Menara Pisa

Hal ini dapat disimpulkan jika mukbang diartikan sebagai tayangan seseorang yang tengah menyantap makanan.

Akhir-Akhir ini, mukbang daftar akun live22 juga banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti, banyaknya para youtuber mukbang yang bermunculan. Kini, menjadi youtuber mukbang bahkan menjadi sebuah profesi yang menjanjikan.

Banyak dari mereka yang mampu menghasilkan uang hingga ratusan juta hanya dengan menampilkan video siaran makan mereka. Lantas, mengapa mukbang bisa begitu sangat populer? Berikut fakta-faktanya:

Konten Menarik Bagi Pecinta Makanan

Bagi sebagian besar orang terlebih mereka yang gemar makan, konten mukbang sangatlah menarik untuk ditonton. Sebagian orang mengaku merasa terwakili untuk makan setelah menonton mukbang.

Namun, sebagian orang juga mengatakan mereka menonton video mukbang untuk menambah nafsu makan.

Awal Mula Menjadi Trend

Mukbang sendiri tercipta berawal dari kisah yang cukup sedih. Di Korea Selatan, orang tidak terbiasa untuk makan sendiri. Mereka yang makan sendiri akan dianggap aneh dan juga menyedihkan.

Maka dari itu, mencari teman makan secara online dengan menonton atau mengadakan konten ini dianggap sebagai pilihan terbaik bagi mereka yang sedang tidak memiliki teman makan.

Sumber Penghasilan

Siaran makan semacam ini ternyata menjadi sumber penghasilan yang cukup besar bagi para Youtuber mukbang. Di Korea sendiri, sudah sejak lama jika pembuat konten mukbang atau yang sering disebut dengan BJ moekbang bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta setiap bulannya.

Mereka awalnya menyiarkan video makan tersebut melalui sebuah aplikasi bernama afreecaTV dan mengandalkan sumbangan sukarela dari penontonnya.

Dan herannya, banyak juga orang yang rela memberikan uangnya cuma-cuma kepada pembuat konten tersebut.

Manfaat dari Mukbang

Ada beberapa manfaat dari trend siaran makan ini. Makbang juga memberikan beberapa pengaruh bagi penonton dan juga untuk pelakunya sendiri, diantaranya:

  • Mencegah Depresi
  • Dilihat dari segi psikologis, mukbang dianggap mampu mencegah depresi pada seseorang yang mengalami kesepian. Hal ini dikarenakan mereka akan merasa memiliki teman makan sehingga tak lagi kesepian. Mencegah depresi juga dapat mencegah berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.
  • Meningkatkan Nafsu Makan
  • Bagi orang-orang yang memiliki gangguan kehilangan nafsu makan, mukbang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan nafsu makan.
  • Membantu Diet

Bagi sebagian orang, mukbang juga bisa membantu mereka selama menjalani program dietnya. Sebagian orang akan merasa terwakilkan untuk makan setelah menonton video mukbang. Hal ini tentunya sangat berguna bagi orang yang tengah menjalani program diet.

Bahaya dari Mukbang untuk Kesehatan

Dibalik beberapa manfaat yang dihasilkan dari menonton video mukbang, ada pula beberapa bahaya yang perlu diperhatikan terlebih oleh para pelaku mukbang, diantaranya:

  • Obesitas
    Bagi para pelaku mukbang yang tidak mengimbangi hidupnya dengan berolahraga, hal ini bisa menyebabkan penyakit obesitas pada pelaku mukbang. Obesitas juga dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti stroke, serangan jantung, kolesterol, dan risiko penyakit lainnya.
  • Masalah Pencernaan
    Bahaya mukbang selanjutnya ialah kemungkinan adanya masalah pencernaan. Hal ini diakrenakan sistem pencernaan akan bekerja lebih keras setelah mereka diberi asupan makanan yang berlebih.
  • Makan dengan porsi yang melebihi kapasitas pencernaan kita akan dapat menyebabkan iritasi lambung, naiknya gula darah, hingga terganggunya metabolisme tubuh.

Sumber : merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *