Peradaban Dunia Berpengaruh Pada Indonesia

Peradaban Dunia Berpengaruh Pada Indonesia

Peradaban Dunia yang Berpengaruh Pada Kehidupan Masyarakat Indonesia

Peradaban Dunia Berpengaruh Pada IndonesiaDi dunia ini banyak sekali peradaban-peradabanyang mengalami perpindahan seperti peradaban Mesir, Mesopotamia, Cina dan lain-lain. Peradaban-peradaban yang masuk dalam suatu wilayah secara otomatis mempengaruhi wilayah yang didatangi. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, peradaban adalah Apk IDN Poker hal yang menyangkut sopan santun, budi bahasa, dan kebudayaan suatu bangsa. Peradaban juga bisa dikatakan sebagai kemajuan.

Indonesia mempunyai peradabannya tersendiri. Hal ini menyangkut masalah sosial, budaya, bahkan kebiasaan masyarakat Indonesia yang ternyata mendapat pengaruh dari beberapa peradaban awal masyarakat dunia. Lalu, apa saja peradaban awal masyarakat dunia yang mempengaruhi peradaban dan kehidupan masyarakat Indonesia? Yuk, kita cari tahu!

Peradaban Romawi Kuno

Beberapa pengaruh peradaban Romawi terhadap peradaban Indonesia adalah perayaan tahun baru yang di Romawi merupakan upacara penyembahan terhadap Dewa Janus. Dalam Mitologi Romawi, Dewa Janus digambarkan sebagai dewa yang memiliki dua wajah, dan menghadap kedua arah yang berbeda. Yang satu menghadap ke masa silam, dan yang satu lagi menghadap ke masa depan.

Peradaban Sungai Mekhong

Penduduk aliran Sungai Mekhong, yaitu penduduk ras Papua Mongoloid, Austroloid, dan Melanosoid yang bercampur sehingga melahirkan penduduk Melayu dengan kulit sawo matang, yang merupakan sumber peradaban Bacson-Hoabinh.

Kebudayaan pada peradaban tersebut sangat mempengaruhi peradaban masyarakat Indonesia sejak zaman Mesolithikum, yaitu adanya kapak Sumatra pada ras Papua Melanosoid, zaman Neolithikum dengan adanya persebaran kapak persegi oleh ras Melayu Austronesia, dan persebaran kapak lonjong oleh ras Papua Melanesoid.

Peradaban Lembah Sungai Gangga

Peradaban Sungai Gangga bisa dikatakan sebagai awal mula masyarakat Indonesia mengenal ajaran agama Hindu. Agama Hindu sendiri adalah agama yang dianut oleh Bangsa Arya yang mendukung peradaban satu ini.

Beberapa hal yang dipengaruhi oleh peradaban ini adalah bangunan Masjid Demak, pembakaran dupa, kepercayaan terhadap jimat, cerita pewayangan Mahabrata, dan masih banyak lagi.

Peradaban Adalah Puncak Dari Hasil Kebudayaan yang Bernilai Tinggi

Peradaban Lembah Sungai Eufrat dan Trigis (Mesopotamia)

Kamu pasti tahu Irak, kan? Ya, wilayah yang sekarang kita kenal sebagai Irak merupakan wilayah Peradaban Mesopotamia Kuno. Peradaban ini adalah peradaban yang sampai sekarang membuat takjub para sejarawan. Peradaban Mesopotamia yang juga merupakan salah satu peradaban tertua di dunia, terletak di wilayah perlembahan antara dua sungai Tigris dan Eufrat.

Peradaban Yunani

Peradaban ini biasa kita kenal sebagai peradaban Yunani Kuno. Peradaban ini dimulai dari periode Yunani Arkais pada abad 8-6 SM, lalu berakhir pada Zaman Kuno dan dimulainya Abad Pertengahan Awal yang mencapai puncaknya pada periode Yunani Klasik.

Peradaban ini memberikan pengaruh pada bangunan-bangunan di Indonesia, seperti museum dan gedung-gedung pemerintahan. Selain itu, Indonesia juga menganut paham demokrasi yang dipengaruhi oleh negara-negara polis, seperti Athena yang juga menganut paham yang sama pada masanya.

Peradaban Mesir/Lembah Sungai Nil

Tahukah kamu, kalau ternyata tulisan latin yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari merupakan pengaruh peradaban Mesir oleh bangsa Romawi yang akhirnya diterapkan di Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu.

Pembangunan Candi Borobudur juga terinspirasi dari pembangunan piramida di Mesir. Itulah mengapa Candi Borobudur dijadikan salah satu situs keajaiban dunia, karena adanya perpaduan budaya asing dengan budaya asli.

Itulah peradaban kuno dunia yang berpengaruh besar terhadap kehidupan kita saat ini. Hidup ini memang saling terkait satu sama lain, sehingga orisinalitas menjadi luas maknanya.