Punya Arsitektur yang Unik, Masjid di Jogja Selalu Memikat Hati

Punya Arsitektur yang Unik, Masjid di Jogja Selalu Memikat Hati

Punya Arsitektur yang Unik

Punya Arsitektur yang Unik – Selain dikenal dengan banyaknya wisata untuk rekreasi maupun edukasinya, Jogja juga memiloiki banyak wisata religi. Tidak sedikit masjid di Jogja yang begitu indah dengan arsitekturnya yang unik.

Baca juga : Masyarakat dengan Agama Instan, Apakah Itu?

Selain sebagai tempat ibadah, sejumlah masjid di Jogja ini juga menjadi tempat bermusyawarah dan melakukan berbagai kegiatan keagamaan, salah satunya kajian.

Namun karena pandemi corona saat ini, kegiatan di masjid dibatasi. Untuk login live22 itu, sebelum merealisasikan agenda wisata religi di Jogja seusai pandemi, berikut Guideku.com — jaringan SuaraJogja.id — merangkum empat masjid di Jogja dengan arsitektur menarik dan unik yang selalu memikat hati:

Masjid Gedhe Kauman

Berlokasi tak jauh dari Alun-Alun Utara Jogja, Masjid Gedhe Kauman dikenal dengan nuansa budaya Jawa yang amat kental.

Uniknya lagi, Masjid Gedhe Kauman memiliki bangunan pagongan di halaman depannya yang berfungsi sebagai tempat meletakan gamelan. Masjid Gedhe Kauman juga memiliki tiga mustoko atau lapis genting pada bagian bawah kubah, yakni serambi kilan dan gapura.

Masjid Gedhe Mataram Kotagede

Tidak kalah unik, Masjid Gedhe Mataram Kotagede memadukan unsur arsitektur bergaya Hindu dan Islam. Tembok L pada Masjid Gedhe Mataram Kotagede dibangun sebagai bentuk penghormatan dari Sultan Agung terhadap para pemeluk agama Hindu dalam pembangunan masjid.

Masjid Gedhe Mataram Kotagede memiliki limasan dengan bedug kayu di dalamnya dan mimbar berbentuk mirip candi.

Masjid An Nurumi

Bak negeri dongeng, Masjid An Nurumi memiliki kubah dengan cat warna-warni menyerupai permen. Sekilas, kubah masjid tersebut membuatnya menyerupai Benteg Kremlin di Moskow, Rusia.

Rupanya, Ratna Juwita Umi Asih Rejeki alias Umi Nursalim, sang pemilik, memang sengaja membangunnya demikian karena terinspirasi saat jalan-jalan di Rusia.

Masjid An Nurumi berlokasi di Jalan Jogja Solo Kilometer 15, wilayah Candisari, Kalasan, Sleman.

Masjid Syuhada

Terakhir dan tak kalah unik ialah Masjid Syuhada di Jalan Pringgokusuman Nomor 12, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Masjid Syuhada mengusung konsep peninggalan Jawa yang disebut dengan Candrasengkala.

Bagi yang belum mengetahuinya, Candrasengkala menandakan 17 anak tangga di depan bagian Masjid Syuhada. Masjid Syuhada memiliki 8 tiang gapura, empat kubah bawah dan lima kubah atas yang menghadap ke arah kiblat.

Itulah empat masjid berarsitektur unik yang ada di Jogja. Setelah pandemi Covid-19 berlalu, jangan lupa ya, berwisata religi kemari.

Sumber : jogja.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *