Stop Bermain Ponsel Sebelum Tidur Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi

Stop Bermain Ponsel Sebelum Tidur Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi

Stop Bermain Ponsel Sebelum Tidur Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi

Stop Bermain Ponsel Sebelum Tidur Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi – Ponsel atau handphone menjadi barang utama yang harus ada di sekitar kita. Tanpa ada handphone seseorang biasanya akan merasa resah. Bahkan menjelang tidur pun, seeorang masih menggunakan handphone. Padahal penggunaan handphone sebelum tidur sangat mempengaruhi kesehatan tubuh bila di lakukan dalam jangka panjang.

Membuka handphone sebelum tidur sangat tidak dianjurkan. Selain mengganggu kualitas tidur, waktu tidur menjadi berkurang. Ketika masuk jam tidur namun kita menatap cahaya handphone, akan berakibat Delayed Sleep Phase. Ini merupakan gangguan tidur karena ritme sirkadian.

Salah satu penyebab utama mengapa membuka layar ponsel sebelum tidur cukup berbahaya tak lain akibat cahaya biru yang dipancarkan dari layar. Cahaya ini sebetulnya membantu pengguna dapat melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari.

Ritme sirkadian merupakan waktu biologis manusia yang peka terhadap cahaya. Ketika berada ditempat yang gelap lama kelamaan akan mengantuk. “Ritme sirkadian kita masih sama dengan nenek moyang, begitu gelap, ngantuk. Masalahnya kita hampir 24 jam terang, sudah matikan lampu tapi masih main gadget jadi mata seperti disinari,” kata dr. Andreas praktisi kesehatan tidur RS Mitra Kebayoran, Jakarta seperti dilansir kumparan, Selasa.

Nah, jika layar digunakan dalam ruang gelap, cahaya biru justru tidak baik untuk kesehatan mata. Parahnya lagi, bisa berdampak buruk pada kesehatan.

dr. Andreas menjelaskan efek kurang dapat memicu berbagai macam penyakit. “Berakibat langsung pada risiko-risiko penyakit jantung, hipertensi, gangguan metabolisme, seperti diabetes, obesitas, ada kemungkinan gangguan pada kesuburan,” tambahnya.

Lebih kanjut, dr Andreas mengatakan bahwa penggunaan handphone sebelum tidur sangat berbahaya bagi wanita. Pasalnya penggunaan handphone sebelum tidur juga berpotensi memicu penyakit kanker payudara.

Terlalu lama bermain ponsel sebelum tidur ternyata juga dapat membuat otak penggunanya kelelahan. Risiko bisa saja terjadi karena durasi waktu tidur terpotong, akibatnya aktivitas di keesokan harinya terganggu akibat otak yang terlalu lelah untuk bekerja.

“Perempuan yang sehat, diet terjaga, olahraga rutin, tapi durasi tidurnya tujuh jam, memiliki risiko kanker payudara hingga 37 persen berdasarkan penilitian di Inggris,” pungkasnya.